A. Latar Belakang
Sebuah
sekolah memegang peran penting dalam mengembangkan kemampuan kognitif, afektif
dan motorik para siswa. Sekolah yang mempunyai kualitas yang baik akan
menghasilkan lulusan yang baik pula. Begitu pula sebaliknya, sekolah yang buruk
akan menghasilkan lulusan yang buruk. Namun, pada umum nya sekolah yang ada
saat ini lebih memprioritaskan untuk
mengembangkan aspek kognitif para siswa saja dalam proses belajar mengajar.
Pada umumnya sekolah lebih memprioritaskan evaluasi pada kemampuan akademis
semata, karena telah terdapat pedoman penilaian yang jelas dan dapat dipahami
oleh para orang tua. Padahal untuk menghadapi dunia yang selalu berubah saat
ini kemampuan menghafal saja masih dianggap kurang. Ada hal yang lebih penting
dari sekedar menghafal, yaitu kemampuan dalam memperoleh informasi atau data,
memahami, mengelola dan memanfaatkannya agar dapat menjawab tantangan dan
memecahkan persoaan dalam kehidupan.
Pada abad ke-21 ini, manusia
menghadapi dan dihadapi dengan berbagai macam problematika kehidupan,
kecanggihan teknologi, kemudahan untuk mengakses berita dan sebagainya atas
keberadaannya internet, dan lain-lainnya. Namun di samping itu ada lagi yang
membuat kita merasa dianehkan yaitu mengenai kemerosotan nilai moral, sopan
santun dan tata krama yang sudah diturunkan oleh nenek moyang kita sejak
dahulu. Manusia yang hidup di jaman sekarang sudah bersifat individualis, sudah
jarang sekali kami menemukan sifat gotong royong ketika membersihkan dan
merapihkan di sekitar jalan perumahan, misalnya. Kemudian belum lagi kita dihadapkan dengan
adanya anak-anak muda yang tidak mengerti arah jalan hidupnya ke depan akan
seperti apa, akan menjadi apa dan akan digunakan untuk apa waktu dalam
perjalanan mudanya. Mereka hanya berjalan sesuai dengan kemana kaki mereka
melangkah tanpa ada tujuan yang jelas dan bermanfaat. Namun jika masih
anak-anak sudah ada bekal dalam dirinya maka setidaknya ada sedikit gambaran
untuknya di masa depan. Ada kebiasaan yang terbawa dalam hidupnya yang masih
terekam jelas ketika mereka mengikuti sebuah jenjang pendidikan. Oleh karena
itu kami selaku tim perencana dalam pembangunan sekolah ini, SDIT DARUL FITRAH
ingin menciptakan generasi penerus bangsa yang mandiri, berijwa
enterpreneurship dengan rancangan kegiatan dan metode yang akan diterapkan
nanti di SDIT DARUL FITRAH ini.
B. Tujuan Proposal
Tujuan
dari pembuatan proposal ini adalah:
1. Memperkenalkan
lingkungan sekitar tentang Sekolah Dasar Islam Terpadu..
2. Mengintegrasikan
hubungan antara pendidikan berbasis islamic dengan masyarakat dan lingkungan
hidup.
3. Mengenalkan
pada masyarakat tentang adanya nilai-nilai karakter yang mampu dikembangkan
oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu.
Profil Sekolah
Nama
Sekolah : SDIT DARUL
FITRAH
Alamat : Jl. Raya
Kayu Manis
Kp. Jatisari RT.002 / RW.006
Desa :
Jatianom
Kecamatan : Susukan
Kabupaten : Cirebon
Provinsi : Jawa Barat
Tahun
Berdiri : 2015
Status
Bangunan : Milik Sendiri
Visi
Menciptakan
siswa yang berjiwa enterpreneurship dengan berlandaskan iman dan taqwa.
Misi
·
Menerapkan dan mengembangkan sikap dan sifat
siswa tauladan dan sopan santun.
·
Menciptakan suasana yang Islamic, fun dan
active lerning.
·
Memfokuskan pembelajaran pada aktivitas
pengembangan kreativitas dan potensi siswa.
·
Mewujudkan siswa yang mencintai dan
melestarikan Alam sekitar.
Strategi Pencapaian
·
Meneladani pola pembelajaran Rasulullah.
·
Menciptakan lulusan dengan hafalan Al-Qur’an minimal
1 juz (dikhususkan pada juz 30) dan bacaan do’a sehari-hari.
·
Merancang dan menerapkan pola pembelajaran
Islamic, Fun, Active Learning (IFAL).
·
Menerapkan metode pembelajaran yang mampu
mengembangkan kreativitas siswa.
·
Menggunakan teknologi pembelajaran modern.
Indikator Pencapaian
· -Mengaktivkan pembelajaran dengan berlandaskan
ajaran sunnah Rasulullah
· Membudayakan siswa dengan melafalkan bacaan
do’a sehari-hari dalam aktivitas pembelajaran
·
Melaksanakan metode pembelajaran Learning How To Learn dan Filed Trip
·
Mengembangkan kemampuan penggunaan perangkat
teknologi komputer dan sains
Program Unggulan
SDIT
DARUL FITRAH tidak sebatas melaksanakan kegiatan pembelajaran, melainkan
memiliki program-program unggulan yang membantu siswa melatih dan
meningkatkan aspek kognitif, afektif
serta psikomotor. Program unggulan yang ditawarkan oleh sekolah diantaranya:
Program Unggulan:
Ø CNL
(Children of Nature Lovers)
Ø Enterpreneur
Day
Ø Profession
Club
Ø Islamic
Environment Day
Sarana dan Prasarana
Sarana
dan prasarana SDIT DARUL FITRAH disamping menggunakan ruang kelas juga memanfaatkan
lahan terbuka sebagai lokasi kegiatan pembelajaran sehingga refleksi
pembelajaran berjalan secara alami. Adapun sarana dan prasarana yang dimaksud
di atas diantaranya:
ð Gedung
Sekolah milik sendiri
ð Lapangan
Upacara
ð Lapangan
Olahraga
ð Gardening
School
ð Kelas
yang sejuk
ð Mengisi
data penerimaan siswa baruRuang UKS
ð Toliet
ð Masjid
ð Perpustakaan
ð Lab
IPA
ð Lab
Komputer
ð Halaman
sekolah yang luas
ð Mobil
jemputan
ð Akses
jalan besar
Sistem Penyeleksian Peserta Didik Baru
Dalam
sistem penyeleksian peserta didik Sekolah Alam DARUL FITRAH terbagi menjadi 3
tahap, diantaranya:
Tahap awal
v Syarat :
Usia min 6 tahun
Memiliki semangat belajar
Mampu mengeja huruf / kata
Mamapu membaca huruf hijaiah
v Membayar
biaya pendaftaran
v Mengisi
formulir pendaftaran
v Menerima
nomer seleksi
v Melakukan
observasi lingkungan sekolah
Tahap Seleksi
v Membawa
lampiran data siswa
v Tes
tulis
v Tes
lisan
v Penyerahan
surat pemberitahuan bukti pelaksanaan tes
Tahap Akhir
v Pengumuman
hasil tes
Perkiraan Jumlah Penerimaan Peserta Didik
Kelas
|
TAHUN
PELAJARAN
|
||||||
2015
– 2016
|
2016
- 2017
|
||||||
Maksimal
Pendaftaran
|
Maksimal
Penerimaan
|
Banyak
Pindahan
|
Jumlah
kelas
|
Maksimal
Penerimaan
|
Banyak
Pindahan
|
Jumlah
Kelas
|
|
I
|
55
|
50
|
-
|
2
|
75
|
-
|
3
|
II
|
-
|
-
|
15
|
1
|
-
|
2
|
2
|
III
|
-
|
-
|
15
|
1
|
-
|
3
|
1
|
IV
|
-
|
-
|
1
|
||||
V
|
|||||||
VI
|
Perkiraan Jumlah Tenaga Pendidik dan Kependidikan
No
|
Kategori
tenaga kerja
|
Tenaga
pendidik dan kependidikan
|
Jumlah
|
1
|
Tenaga Struktural
|
ð Kepala
sekolah
|
1 orang
|
2
|
Tenaga Fugsional
|
ð Guru
kelas
ð Guru
bidang studi
|
6 orang
3 orang
|
3
|
Tenaga Teknis
|
ð Staf
Tata Usaha
ð Laboran
ð Pustakawan
ð Penjaga
sekolah
ð Tukang
kebun
ð Supir
|
2 orang
1 orang
1 orang
1 orang
1 orang
2 orang
|
Total tenaga pendidik dan
kependidikan
|
18 orang
|
Sistem Seleksi Tenaga Pendidik &
Kependidikan
Sistem penyeleksian yang dilakukan di SDIT DARUL FITRAH
terbagi menjadi 6 tahap diantaranya:
1. Seleksi Administratif
v Persyaratan
pokok:
-
Usia maksimal 35 tahun
-
Pendidikan minimal S1
-
Pengalaman mengajar minimal 1 tahun
-
Berjiwa pendidik, islamic, bertanggung jawab serta
disiplin
v Mengisi
formulir berupa data mengenai identitas pelamar, latar belakang keluarga,
penglaman kerja, hobi dan prestasi yang dicapai
v Menyerahkan
surat lamaran kerja
2. Seleksi Pengetahuan Umum
Tes tulis
diujikan kepada calon tenaga kerja dan hasil tes berupa penilaian yang objektif
3. Seleksi Kesehatan
Calon tenaga
kerja SDIT DARUL FITRAH diharuskan memiliki jasmani yang sehat serta rohani
yang bersih sehingga menjamin kualitas tenaga kerja yang produktif
4. Seleksi Skill (Microteaching)
Pada tahap
ini calon tenaga pendidik dilihat keterampilan dalam tatacara mengajarnya
5. Seleksi Wawancara
Tahap akhir
sebelum penerimaan tenaga pendidik dan kependidikan adalah negosiasi dalam hal
fasilitas dan sarana, serta tunjangan-tunjangan lainnya yang diberikan oleh
tenaga pendidik dan kependidikan di SDIT DARUL FITRAH
6. Penerimaan tenaga kerja
Tenaga
pendidik yang sudah diterima akan menjalani masa training selama satu bulan
kemudian menandatangani kontrak kerja yang berisi kesepakatan peraturan selama
masa kerja
Kelengkapan Perabot
Sekolah
No
|
Ruang
|
Jenis
Perabot
|
Banyak
perabot
|
1
|
Ruang Kepala Sekolah
|
Meja
Kursi
Bangku Tamu
AC
|
1
buah
2
buah
1
set
1
unit
|
2
|
Ruang Guru
|
Meja
Kursi
Tempat Sampah
Jam Dinding
AC
|
6
buah
6
buan
1
buah
1
buah
1
unit
|
3
|
Ruang TU
|
Meja Administrasi
Kursi
Komputer
Printer
Lemari berkas
AC
|
2
buah
4
buah
2
unit
2
unit
1
buah
1
unit
|
4
|
Ruang Kelas
|
Meja siswa
Meja guru
Papan tulis
Alat kebersihan
Jam dinding
Lemari kelas
|
10 buah
1
buah
1
buah
5
buah
1
buah
1
buah
|
5
|
Ruang UKS
|
Tempat tidur
Timbangan
Alat ukur tinggi badan
Alat-alat kesehatan
|
1
unit
1
unit
1
unit
1
set
|
6
|
Lab IPA
|
Meja praktikum
Papan tulis
Alat praktikum
Jam dinding
Tempat sampah
|
4
buah
1
buah
4
set
1
buah
1
buah
|
7
|
Lab Komputer
|
Meja komputer
Kursi siswa
Komputer
Meja guru
Kursi guru
Layar proyeksi
LCD
|
10 unit
20 buah
10 unit
1
buah
1
buah
1
unit
1
unit
|
8
|
Ruang Konselling
|
Meja
Kursi
Lemari
|
1
buah
3
buah
1
buah
|
9
|
Perpustakan
|
Rak buku
Meja baca
Kursi
Meja petugas
Kursi petugas
|
3
buah
1
buah
5
buah
1
buah
1
buah
|
10
|
Masjid
|
Karpet sajadah
Lemari
Sound system
Mix
Keset
|
4
set
2
buah
2
unit
1
unit
2
buah
|
11
|
Toilet
|
Bak air
Gayung
Bingkai doa ketika masuk toliet
|
1
buah
1
buah
1
buah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar