RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN KALI JAYA 07
Kelas / semester : IV / 1
Tema / topik : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Materi Pokok : Pembelajaran 2 “Daur Hidup Nyamuk”
Alokasi waktu : 2 x 30 menit
A.
Kompetensi
Inti
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi
Dasar
3.5
Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial,
budaya, dan ekonomi
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat
C.
Indikator
IPS
3.5.1 Memberikan ide-ide tindakan yang dapat
dilakukan manusia yang berhubungan dengan daur hidup hewan dan
tumbuhan
PPKn
4.2.1 Mempraktikkan perilaku
yang menunjukkan kewajiban sebagai warga di lingkungan sekolah untuk menjaga
kebersihan dan keindahan lingkungan
D.
Tujuan
1. Siswa
mampu membuat peta pikiran tentang nyamuk demam berdarah dengan benar.
2. Setelah
membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara menjaga kebersihan
dan keindahan lingkungan dengan benar.
E.
Ringkasan
Materi
v Ayo mencari tahu!
Betapa sedihnya hati Siti. Acara makan
rujak di rumah Siti gagal terlaksana. Dua orang temannya tiba-tiba harus
dirawat di rumah sakit karena terjangkit demam berdarah. Ia pun bertanya kepada
ayahnya tentang penyakit ini.
Ayah Siti menunjukkan
sebuah berita di koran tentang nyamuk demam berdarah. Ayo kita baca dengan saksama!
Kamu dapat menggarisbawahi kata atau kalimat yang menurutmu penting.
F.
Metode
Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Drill
& Tanya Jawab
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Awal
|
Ø Mengucapkan
salam pembuka
Ø Menanyakan
kabar hari ini dan mengabsen
Ø Appersepsi
tentang pelajaran sebelumnya tentang daur
hidup pohon mangga dan nyamuk
Ø Eksplorasi
pemahaman siswa tentang jenis mangga dan nyamuk yang pernah dijumpai di
sekitar siswa
Ø Ice
breaker (tepuk dan lagu)
|
10
Menit
|
Inti
|
Ø Guru
melanjutan sub tema pembelajaran 2 tentang “DAUR HIDUP NYAMUK”
Ø Guru
menjelaskan dampak negatif dari daur hidup nyamuk yang berlebihan
Ø Guru
menjelaskan cara menanggulangi dan mencegah dampak negatif wabah demam
berdarah berdasarkan 3M
Ø Selanjutnya
guru memberikan lembar kerja siswa tantang kegiatan pencegahan penyakit demam
berdarah
Ø Siswa
menuliskan jenis kegiatan yang biasa dilakukan di lembar kerja siswa
Ø Guru
memantau kondisi dan memberikan arahan selama pembelajaran berlangsung
|
35
Menit
|
Akhir
|
Ø Guru
merefleksikan pembelajaran dengan tepuk semangat dan yel-yel dari tiap
kelompok
Ø Selesai
pembelajaran, guru dan siswa membaca hamdallah
bersama-sama dan mengakhiri dengan salam
Ø Membaca
do’a sebelum pulang
|
15
Menit
|
H.
Sumber
dan Media
Ø Buku
Tematik (Guru & Siswa) kelas IV
Ø Lemar
kerja siswa
I.
Penilaian
1.
Prosedur
Penilaian
a. Penilaian
Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir (terlampir)
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian
hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
2.
Instrumen
Penilaian
a. Penilaian
Proses
Ø Penilaian
kerja
b. Penilaian
Hasil Belajar
Ø Pengamatan
(Terlampir)
Mengetahui,
Guru Pamong Guru
Kelas IV
...................................... ....................................
NIP .............................. NIM
...........................
Kepala
Sekolah
.........................................
NIP .................................
*Lampiran
1. PENILAIAN NON TES (penilaian Proses)
Lembar
Pengamatan Guru
Identitas Sekolah : SDN KALI JAYA 07
|
||||||
Kelas / Semester : IV / 1
|
||||||
Tema / Subtema : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
|
||||||
No
|
Nama Siswa
|
Penilaian/skor
|
Predikat
|
|||
Keaktifan
|
Sosial
|
Pengatahuan
|
Keterampilan
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
5.
|
||||||
6.
|
||||||
2. PENILAIAN TES (penilaian produk)
Lembar kerja
siswa
Tulislah
kegiatan yang biasa kamu lakukan untuk mencegah wabah demam berdarah!
No
|
Kegiatan
|
Lokasi
(Rumah
/ Sekolah)
|
Waktu
Pelaksanaan
(pagi,
siang, malam)
|
1.
|
Menyapu halaman depan rumah
|
Rumah
|
Pagi dan siang
|
2.
|
|||
3.
|
|||
4.
|
|||
5.
|
|||
6.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar