RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN KALI JAYA 07
Kelas / semester : IV / 1
Tema / topik : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Materi Pokok : Pembelajaran 5 “Daur Hidup Padi”
Alokasi waktu : 4 x 30 menit
A.
Kompetensi
Inti
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan
rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi
Dasar
3.4 Menggali informasi dari teks cerita
petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
3.2 Mendeskripsikan daur hidup beberapa jenis mahluk
hidup
4.2 Menyajikan secara
tertulis hasil pengamatan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup.
C.
Indikator
BAHASA INDONESIA
3.4.1
Menjawab pertanyaan bacaan tentang
teks petualangan mengenal pertumbuhan padi setelah membaca teks
3.4.2
Menceritakan kembali teks petualangan
mengenal pertumbuhan padi secara runtut dan menggunakan kosakata dalam bentuk tulisan
IPA
3.2.1
Mengurutkan daur hidup padi dalam bentuk bagan
4.2.1
Memberikan ide-ide tindakan yang dapat
dilakukan manusia yang berhubungan
dengan daur hidup hewan dan
tumbuhan
D.
Tujuan
1. Setelah
membaca teks, siswa mampu menjawab pertanyaan bacaan tentang teks petualangan
dengan benar.
2. Setelah
membaca teks, siswa mampu menuliskan kembali teks petualangan dengan urutan dan
kosakata baku dengan benar.
3. Melalui
kegiatan pengamatan, siswa mampu mengurutkan dan menjelaskan daur hidup padi
dalam bentuk bagan.
E.
Ringkasan
Materi
Indonesia memiliki beragam tumbuhan yang
dapat dimanfaatkan sebagai makanan pokok. Beras (padi), sagu, dan singkong
adalah beberapa di antaranya. Apa makanan pokok di daerahmu?
Ayo
kita belajar tentang padi !
Bacalah cerita berikut.
Beni diajak ayahnya pergi ke Karawang,
Jawa Barat. Kota ini dikenal sebagai lumbung padi nasional. Betapa takjubnya
Beni ketika melihat hamparan sawah yang luas di sana. Ia tak sabar ingin
mengetahui lebih banyak tentang padi (beras) yang merupakan makanan pokok
sebagian masyarakat Indonesia.
Mereka bertemu dengan Pak Kirjo, seorang petani yang telah tinggal
puluhan tahun di sana. Sambil berjalan menuju sawahnya, Pak Kirjo dengan senang
hati bercerita tentang pertumbuhan padi kepada Beni. Pak Kirjo berkata,
“Pertumbuhan padi dibagi menjadi 3 tahap besar. Pertama-tama, benih atau biji
padi dimasukkan ke dalam karung goni dan direndam satu malam di dalam air mengalir supaya
perkecambahan benih bersamaan. Selanjutnya benih-benih
ini ditanam di lahan sementara. Petani juga mengairi, memberi pestisida dan
pupuk pada tanaman ini. Bibit yang telah siap dipindahtanamkan ke sawah.”
“Lalu bagaimana biji-biji itu bisa menjadi beras yang kita makan?”
tanya Beni.
“Biji atau benih tadi akan tumbuh berkecambah hingga muncul ke permukaan.
Bakal akar dan tunas menonjol keluar. Lalu batangnya memanjang,” lanjut Pak
Kirjo.
“Selanjutnya tanaman padi
berbunga hingga gabah matang, berkembang penuh, keras, dan berwarna kuning.
Gabah adalah bulir padi yang terbungkus dalam sekam (kulit padi). Gabah ini
nantinya yang akan dijadikan benih lagi.”
“Lalu bagaimana kita bisa
mendapatkan beras yang kita lihat setiap hari?” tanya Beni lagi.
“Bagus sekali pertanyaanmu,
Beni. Tahap pertumbuhan padi berlangsung antara 110 hingga 130 hari. Setelah
panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga sekam (kulit
padi) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan,
atau bahkan hitam, yang disebut beras.”
Beni terkesan sekali
dengan penjelasan Pak Kirjo.
F.
Metode
Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Observasi
3. Drill
& Tanya Jawab
G.
Pendekatan
Pembelajaran
Ø Scientific
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Awal
|
Ø Mengucapkan
salam pembuka
Ø Membaca
doa bersama
Ø Menanyakan
kabar hari ini dan mengabsen
Ø Appersepsi
tentang pelajaran sebelumnya tentang daur
hidup pohon mangga dan nyamuk
Ø Eksplorasi
pemahaman siswa tentang jenis tumbuhan padi di lingkungan sekitar siswa
Ø Ice
breaker (tepuk dan lagu)
|
10
Menit
|
Inti
|
Ø Guru
menjelaskan sub tema pembelajaran 5 tentang “DAUR HIDUP PADI”
Ø Guru
menugaskan siswa untuk membaca wacana yang ada pada buku tematik siswa
Ø Guru
membagi siswa menjadi 5 kelompok
Ø Guru
meminta kelompok 1 bersama-sama membaca paragraf yang ada pada wacana secara
bersamaan
Ø Kemudian
berganti ke kelompok lain hingga wacana terbaca semua
Ø Guru
menanyakan ide pokok yang ada pada tiap paragraf yang telah di baca siswa
Ø Guru
menceritakan ulang isi dari wacana yang telah dibaca oleh siswa
Ø Kemudian
siswa menjawab 5 pertanyaan yang bersumber pada wacana tentang daur hidup
padi
Ø Guru
dan siswa menoreksi jawaban siswa secara bersamaan
Ø Beberapa
siswa diminta maju ke depan untuk menceritakan ulang isi wacana tentang
kegiatan menanam padi
Ø Ice
Breaker (tepuk dan lagu)
Ø Guru
memperlihatkan media konkret tentang DAUR
HIDUP PADI
Ø Guru
menjelaskan 3 fase pertumbuhan padi hingga menghasilkan beras
Ø Lalu
guru membagi siswa menjadi 12 kelompok yang masing-masing terdiri dari 3
anggota
Ø Guru
membagikan lembar pengamatan untuk menuliskan proses daur hidup padi
Ø Serta
membagikan gambar-gambar proses daur hidup padi
Ø Siswa
dipersilahkan mencari 3 fase pertumbuhan padi yang ada pada gambar dan
menempelkannya di lembar pengamatan siswa
Ø Selanjutnya
siswa menuliskan penjabaran bagaimana proses munculnya padi menjadi beras
berdasarkan wacana yang sudah di baca siswa
Ø Ice
Breaker (lagu anak)
Ø Selama
observasi berlangsung, guru memantau kegiatan dan memberikan arahan kepada
siswa
Ø Selesai
observasi, guru meminta masing-masing kelompok menjelaskan di depan temannya
bagaimana fase pada daur hidup padi
Ø Ice
Breaker (tepuk semangat)
Ø Guru
memberikan beberapa pertanyaan terkait daur hidup padi kepada siswa untuk
mengukur pemahaman siswa sekaligus melakukan konfirmasi
Ø Guru
mmberikan penguatan dengan menggaris bawahi kesimpulan dari pembelajaran
tentang DAUR HIDUP PADI
|
95
Menit
|
Akhir
|
Ø Guru
merefleksikan pembelajaran dengan tepuk semangat dan yel-yel dari tiap
kelompok
Ø Selesai
pembelajaran, guru dan siswa membaca hamdallah
bersama-sama dan mengakhiri dengan salam
|
15
Menit
|
I.
Sumber
dan Media
Ø Buku
Tematik (Guru & Siswa) kelas IV
Ø Buku
tulis siswa
Ø Lemar
pengamatan siswa
Ø Media
gambar fase Daur Hidup Padi
Ø Media
Konkret Daur Hidup Padi
Ø Audio
(Lagu Anak Sebutir Padi)
J.
Penilaian
1.
Prosedur
Penilaian
a. Penilaian
Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir (terlampir)
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian
hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
2.
Instrumen
Penilaian
a. Penilaian
Proses
Ø Penilaian
kerja
b. Penilaian
Hasil Belajar
Ø Instrumen
Pertanyaan (Terlampir)
Ø Pengamatan
(Terlampir)
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Guru
Kelas IV
...................................... ....................................
NIP
.............................. NIM
...........................
Kepala
Sekolah
.........................................
NIP
.................................
*Lampiran
1. PENILAIAN NON TES (Penilaian Proses)
Lembar
Pengamatan Guru
Identitas Sekolah : SDN KALI JAYA 07
|
||||||
Kelas / Semester : IV / 1
|
||||||
Tema / Subtema : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
|
||||||
No
|
Nama Siswa
|
Penilaian/skor
|
Predikat
|
|||
Keaktifan
|
Sosial
|
Pengatahuan
|
Keterampilan
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
5.
|
||||||
6.
|
||||||
2. PENILAIAN TES (Penilaian Produk)
I. Jawablah pertanyaan berikut
ini!
1.
Apa yang dilakukan Beni dan ayah di Karawang?
2.
Berapa lama proses tumbuhnya padi?
3.
Apa yang dimaksud dengan gabah?
4.
Bagaimana perasaan Beni setelah mengetahui proses tumbuhnya padi?
II. Lembar kerja siswa
Nama : 1)
2)
3)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar