pendidikan-karakter-keluarga-sekolah |
Keberhasilan
jangka panjang akan pendidikan nilai-nilai yang baru bergantung pada kekuatan
diluar sekolah pada taraf ketika keluarga dan komunitas bergabung dengan sekolah dalam usaha bersama
unutk memenuhi kebutuhan akan anak-anak dan membantu perkembangan kesehatan
mereka. Pada saat banyak masalah moral, krisis dalam keluaraga adalah masalah
yang paling serius dalam keluaraga.
Bagaimana
kita mendukung dan memperkuat keluarga
dalam peran yang menghormati waktu sebagai pemberi perhatian dan guru moral pada anak-anak . para orang tua memerlukan informasi dan citra yang berkaitan
dengan semua cara dimana mereka dapat mempengaruhi kesehatan, kebahagiaan, rasa
percaya diri, dan karakter pada anak mereka.
Departemen
instruksi public meluncurkan kampanye nasional diseluruh Negara tahun 1987 yang
disebut sebagai Tahun Pendidikan Keluarga.
Orang
tua sebagai guru yang sukarela dan bersedia tanpa biaya atau tanpa batas
melakukan program kampanye seperti tiap bulan pendidik melakukan kunjungan
kepada orang tua untuk
memberikan tugas ringan untuk dilakukan anak-anak seperti bermain puzzle. Orang tua mengamati anak
bermain dan membantu mereka untuk belajar. Selain itu, program kampanye melakukan pertemuan sharing antar orang tua anak dengan orang tua anak sebayanyaa.
Adapun
tujuan dari kemitraan sekolah ini diantarnya:
1. Mendidik para guru tentang peranan
mereka dalam mempromosikan keterlibatan orang tua secara lebih besar
2. Berbagi informasi dengan sekolah
mengenai bagaimana mereka dapat meningkatkan komunikasi antara rumah dan
sekolah
3. Mendapatka informasi secara langsung dri
orang tua mengenai peran mereka dalam pendidikan anak mereka.
Disamping usaha yang disebar luaskan untuk membantu
orang tua dan anak, banyak hal yang dapat dilakukan sekolah untuk merekrut
orang tua sebagai partner baik tugas khusus maupun mengembangkan nilai moral
dan karakter yang baik. Tantangan ini terdiri dari 2 hal, yakni:
- 1. Mendorong dan membantu orang tua untukmelaksanakn peran mereka sebagai pendidik utama moral anak dan
- 2. Membuat orang tua mendukung ssekolah dalam usahanya untuk mengerjakan moral positif .
Dari kemitraan sekolah dan orang tua, diperoleh
urutan 10 nilai karakter anak yang akan
dikembangkan diantaranya:
1. Menjadi percaya diri
2. Menjadi bertanggung jawab dan dapat diandalkan
3. Menjadi ingin tahu dan ingin belajar
4. Manjadi diri sendiri dan mampu mengarahkan diri
sendiri
5. Mampu berkerja sama dengan temannya
6. Menjadi sensitif dengan orang lain
7. Menjadi baik dan penuh perhatian
8. Menjadi
pekerja keras
9. Mendapatkan nilai yang baik
10. Menjadi ramah dan bertempramen baik
Memberikan komunitas untuk kebutuhan bangsa
Bagaimana kemitraan sekolah dan orang tua serta
komunitas dapat berkerjasama menciptakan
keluarga karakter dapat diuraikan melalui beberapa peran sekolah dan orang tua
diantaranya sebagai berikut:
- Sebuah kampanye nasional yang menyoroti semua cara dimana orang tua adalah agen penting bagi anak-anak
- Kebijakan pemerintah, seperti cuti orang tua yang mendukung ikatan antara ornag tua dan kehidupan keluarga
- Menyajikan survei nilai dari ornag tua untuk mengidentifikasi kualitas karakter yang mereka ingin kembangkan dalam anak mereka
- Mengadakan loka karya berbasis sekolah bagi keahlian menjadi orang tua (mengajarkan orang tua begaimana membantu anak meraka melakukan lebih baik dari sekedar yang dilakukan di sekolah)
- Adanya materi pembahasan nilai berbasis rumah, diberikan pada orang tua yang membangun pelajaran di kelas
- Sekolah membantu jaringan orang tua untuk membahas urusan-urusan umum
Bagi yang butuh Kredit Pendidikan coba cek juga nih
BalasHapus