reading book

reading book

Sabtu, 10 Januari 2015

DATA SOAP *Hendri Wijaya* ___ Adik sepupu aku :)


Nama                           :  TRI LESTARI NINGSIH  
Mata Kuliah                : Kesehatan Gizi
Jurusan                        : PAUD kajian SDI/MI                      
Semester                      : 1 (satu)


Nama                           : Hendri wijaya
Umur                           : 7 tahun
Jenis Kelamin              : Laki-laki
Kelas                           : II (dua) A
Hobi                            : Main PS
Status Keluarga           : Anak ke-3 dari Tiga bersaudara
Pekerjaan Orang tua    : Ayah : Karyawan
   Ibu    : Wirausaha


Analisa yang saya lakukan cukup sulit karena anak terbilang malas dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan. Tetapi pada akhirnya saya mendapat menganalisa anak tersebut berdasarkan 3 (tiga) sumber.
Sumber Pertama : Anak
Beberapa pertanyaan sederhana saya ajukan, seperti:
v  Namanya siapa coba?
Jawab: Hendri
v  Kelas berapa?
Jawab: II A
v  Umurnya berapa tahun?
Jawab : gak tau
v  Hobinya apa ndri?
Jawab : Maen PS
v  Makanan yang kamu suka apa?
Jawab: Nasi goreng, Mie goreng, sayuran sama ikan (ayam)
v  Kalo yang gak kamu suka apa?
Jawab : Daging (refleks)
v  Hewan yang kamu suka apa?
Jawab : Kelinci, Bebek, Sapi
v  Kalau yang gak kamu suka?
Jawab : Cicak (jawab merinding)

Setelah beberapa pertanyaan ringan kemudian masuk kepertayaan menjurus seputar kebiasaan dan lain-lain. Info yang saya peroleh dari anak tersebut yakni ketika di sekolah pada waktu belajar iya belajar dan waktu bermain iya bermain. Lalu saya bertanya  lagi dan anak tersebut pun menjawab tidak pernah bercanda ketika jam pelajaran berlangsung. Saya bertanya lagi:
v  Pelajaran yang kamu suka di sekolah apa?
Jawab : Matematika sama IPA
v  Kalau  yang nggak di suka apa?
Jawab : Bahasa Inggris sama IPS
Ternyata setelah saya amati anak tersebut memang pandai menghitung dan nilai-nilainya pun rata-rata 8 untuk mata pelajaran IPA dan Matematika. Faktor guru ternyata juga mendukung minat belajarnya. Ucapnya, Ibu Iin (guru kesukaannya) mengajar mata pelajaran IPA, IPS dan Matematika sedangkan untuk IPS mamang sulit dan untuk Bahasa Inggris gurunya terbilang galak. “Gurunya sering galak dan mukul tangan pake  penggaris kalo jawabannya salah” Ujar temannya. Untuk presatasi anak tersebut belum mendapatkan gelar juara apapun karena kurang giat belajar.
Untuk di lingkungan Keluarga,
v  Kalau pulang sekolah ngapain?
Jawab : tidur siang, makan, mandi.
v  Memang gak main keluar?
Jawab : Males, capek
v  Acara TV yang sering kamu tonton biasanya film apa?
Jawab : Naruto, Satria, Tutur Tinular
Ternyata dalam satu tahun ini anak tersebut sudah mulai merubah sikapnya dari yang tadinya sepulang sekolah hanya main PS diluar dan belum mau pulang kalau belum terdengar adzan Maghrib menjadi anak yang suka main di rumah. Anak tersebut juga sudah bisa mengaji hingga Juz’ama dengan lafal yang cukup baik dan melaksanakan solat baik di rumah maupun di musolah.


Sumber Kedua : Teman Bermain
Menurut teman bermainnya yang saya ajak bicara ada beberpa anak yang dengan penuh samangat menceritakan bagaimana kelakuan dan kebiasaan dari anak tersebut.
Serompak mereka berkata:
“Nakal (bader) , suka nendangin orang, nurut sama mamanya, kalo punya makanan gak suka bagi-bagi (pelit), hobinya main bola sama PS, pernah main masak-masakan sama kajar-kejaran”
v  Hendri orangnya suka nggambar gak?
Jawab : (kompak) Iya suka tapi gambarnya jelek. Kalo ada tugas nggambar mamanya yang gambarin.

Mungkin faktor genetik karena kakaknya pun dari dulu sama sekali tidak pandai menggambar. Itu sebabnya saya menanyakan hal tersebut.

Sumber Ketiga : Orang Tua
Pengakuan dari orang tuanya (ibu) ternyata dahulu anaknya itu nakal dan sulit diatur, namun berangsur bertambahnya umur anak tersebut juga pernah menjadi amat baik seperti contoh ketika ibunya sedang mencuci piring lalu  anak tersebut membantu mencuci piring dan hari berikutnya tanpa disuruh tiba-tiba anak tersebut sudah ada di dapur sedang mencuci piring.
Anaknya itu sulit sekali makan, terlalu sering jajan dan main tapi di pastikan anaknya diberi makan 3kali sehari walaupun hanya sedikit. Anak tersebut juga kurang giat belajar dan manja kepada Ibunya.
Namun yang paling dibanggakan Ibunya adalah anak tersebut tergolong anak yang mandiri, seperti ketika hendak berangkat kesekolah ia selalu bangun awal dan langsung mandi, berpakaian dan sarapan. Itu semua ia lakuakan sendiri sejak masih kelas I SD. Anak tersebut juga sering mengaji sendiri tanpa dikomando siapapun.






Kesimpuan :
Anak tersebut memang terbilang nakal seperti sering main PS dan kurang giat belajar namun di sisi lain anak tersebut memiliki keunggulan di bangding teman bermainnya yaitu anak yang mandiri dan cukup baik dalam segi agamanya.

Saran :
Perlunya di tingkatkan lagi minatnya dalam belajar dengan memberikan dorongan dan semanga. Hendaknya orang tua memberikan larangan-larangan halus mengenai kegiatan anak diluar sekolah seperti mengurangi bermain PS dan menjauhkan anak dari lingkungan yang sekiranya dapat membawa dampak negatif terhadap anak tersebut dikemudian hari. Juga perlunya perhatian dan kasih sayang yang lebih jauh lagi dalam memotivasi dalam rangka membentuk peningkatan  pribadi anak yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar