reading book

reading book

Sabtu, 10 Januari 2015

Rancangan Pengembangan Sekolah ___ SDIT DARUL FITRAH


A. Latar Belakang
Sebuah sekolah memegang peran penting dalam mengembangkan kemampuan kognitif, afektif dan motorik para siswa. Sekolah yang mempunyai kualitas yang baik akan menghasilkan lulusan yang baik pula. Begitu pula sebaliknya, sekolah yang buruk akan menghasilkan lulusan yang buruk. Namun, pada umum nya sekolah yang ada saat ini  lebih memprioritaskan untuk mengembangkan aspek kognitif para siswa saja dalam proses belajar mengajar. Pada umumnya sekolah lebih memprioritaskan evaluasi pada kemampuan akademis semata, karena telah terdapat pedoman penilaian yang jelas dan dapat dipahami oleh para orang tua. Padahal untuk menghadapi dunia yang selalu berubah saat ini kemampuan menghafal saja masih dianggap kurang. Ada hal yang lebih penting dari sekedar menghafal, yaitu kemampuan dalam memperoleh informasi atau data, memahami, mengelola dan memanfaatkannya agar dapat menjawab tantangan dan memecahkan persoaan dalam kehidupan.
            Pada abad ke-21 ini, manusia menghadapi dan dihadapi dengan berbagai macam problematika kehidupan, kecanggihan teknologi, kemudahan untuk mengakses berita dan sebagainya atas keberadaannya internet, dan lain-lainnya. Namun di samping itu ada lagi yang membuat kita merasa dianehkan yaitu mengenai kemerosotan nilai moral, sopan santun dan tata krama yang sudah diturunkan oleh nenek moyang kita sejak dahulu. Manusia yang hidup di jaman sekarang sudah bersifat individualis, sudah jarang sekali kami menemukan sifat gotong royong ketika membersihkan dan merapihkan di sekitar jalan perumahan, misalnya.  Kemudian belum lagi kita dihadapkan dengan adanya anak-anak muda yang tidak mengerti arah jalan hidupnya ke depan akan seperti apa, akan menjadi apa dan akan digunakan untuk apa waktu dalam perjalanan mudanya. Mereka hanya berjalan sesuai dengan kemana kaki mereka melangkah tanpa ada tujuan yang jelas dan bermanfaat. Namun jika masih anak-anak sudah ada bekal dalam dirinya maka setidaknya ada sedikit gambaran untuknya di masa depan. Ada kebiasaan yang terbawa dalam hidupnya yang masih terekam jelas ketika mereka mengikuti sebuah jenjang pendidikan. Oleh karena itu kami selaku tim perencana dalam pembangunan sekolah ini, SDIT DARUL FITRAH ingin menciptakan generasi penerus bangsa yang mandiri, berijwa enterpreneurship dengan rancangan kegiatan dan metode yang akan diterapkan nanti di SDIT DARUL FITRAH ini.

B. Tujuan Proposal
Tujuan dari pembuatan proposal ini adalah:
1.    Memperkenalkan lingkungan sekitar tentang Sekolah Dasar Islam Terpadu..
2.    Mengintegrasikan hubungan antara pendidikan berbasis islamic dengan masyarakat dan lingkungan hidup.
3.    Mengenalkan pada masyarakat tentang adanya nilai-nilai karakter yang mampu dikembangkan oleh Sekolah Dasar Islam Terpadu.


Profil Sekolah

Nama Sekolah                     : SDIT DARUL FITRAH
Alamat                                   : Jl. Raya Kayu Manis
                                                  Kp. Jatisari RT.002 / RW.006
Desa                                      : Jatianom
Kecamatan                           : Susukan
Kabupaten                            : Cirebon
Provinsi                                 : Jawa Barat
Tahun Berdiri                       : 2015
Status Bangunan                 : Milik Sendiri

Visi
Menciptakan siswa yang berjiwa enterpreneurship dengan berlandaskan iman dan taqwa.
Misi
·         Menerapkan dan mengembangkan sikap dan sifat siswa tauladan dan sopan santun.
·         Menciptakan suasana yang Islamic, fun dan active lerning.
·         Memfokuskan pembelajaran pada aktivitas pengembangan kreativitas dan potensi siswa.
·         Mewujudkan siswa yang mencintai dan melestarikan Alam sekitar.

Strategi Pencapaian
·         Meneladani pola pembelajaran Rasulullah.
·         Menciptakan lulusan dengan hafalan Al-Qur’an minimal 1 juz (dikhususkan pada juz 30) dan bacaan do’a sehari-hari.
·         Merancang dan menerapkan pola pembelajaran Islamic, Fun, Active Learning (IFAL).
·         Menerapkan metode pembelajaran yang mampu mengembangkan kreativitas siswa.
·         Menggunakan teknologi pembelajaran modern.

Indikator Pencapaian
·        -Mengaktivkan pembelajaran dengan berlandaskan ajaran sunnah Rasulullah
·        Membudayakan siswa dengan melafalkan bacaan do’a sehari-hari dalam aktivitas pembelajaran
·         Melaksanakan metode pembelajaran Learning How To Learn dan Filed Trip
·         Mengembangkan kemampuan penggunaan perangkat teknologi  komputer dan sains

Program Unggulan
SDIT DARUL FITRAH tidak sebatas melaksanakan kegiatan pembelajaran, melainkan memiliki program-program unggulan yang membantu siswa melatih dan meningkatkan  aspek kognitif, afektif serta psikomotor. Program unggulan yang ditawarkan oleh sekolah diantaranya:
Program Unggulan:
Ø  CNL (Children of Nature Lovers)
Ø  Enterpreneur Day
Ø  Profession Club
Ø  Islamic Environment Day


Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana SDIT DARUL FITRAH disamping menggunakan ruang kelas juga memanfaatkan lahan terbuka sebagai lokasi kegiatan pembelajaran sehingga refleksi pembelajaran berjalan secara alami. Adapun sarana dan prasarana yang dimaksud di atas diantaranya:
ð  Gedung Sekolah milik sendiri
ð  Lapangan Upacara
ð  Lapangan Olahraga
ð  Gardening School
ð  Kelas yang sejuk
ð  Mengisi data penerimaan siswa baruRuang UKS
ð  Toliet
ð  Masjid
ð  Perpustakaan
ð  Lab IPA
ð  Lab Komputer
ð  Halaman sekolah yang luas
ð  Mobil jemputan
ð  Akses jalan besar

Sistem Penyeleksian Peserta Didik Baru
Dalam sistem penyeleksian peserta didik Sekolah Alam DARUL FITRAH terbagi menjadi 3 tahap, diantaranya:
Tahap awal
v  Syarat                   :
   Usia min 6 tahun
   Memiliki semangat belajar
   Mampu mengeja huruf / kata
   Mamapu membaca huruf hijaiah
v  Membayar biaya pendaftaran
v  Mengisi formulir pendaftaran
v  Menerima nomer seleksi
v  Melakukan observasi lingkungan sekolah
Tahap Seleksi
v  Membawa lampiran data siswa
v  Tes tulis
v  Tes lisan
v  Penyerahan surat pemberitahuan bukti pelaksanaan tes
Tahap Akhir
v  Pengumuman hasil tes

Perkiraan Jumlah Penerimaan Peserta Didik
Kelas
TAHUN PELAJARAN
2015 – 2016
2016 - 2017
Maksimal Pendaftaran
Maksimal Penerimaan
Banyak Pindahan
Jumlah kelas
Maksimal Penerimaan
Banyak Pindahan
Jumlah Kelas
I
55
50
-
2
75
-
3
II
-
-
15
1
-
2
2
III
-
-
15
1
-
3
1
IV




-
-
1
V







VI









Perkiraan Jumlah  Tenaga Pendidik dan Kependidikan
No
Kategori tenaga kerja
Tenaga pendidik dan kependidikan
Jumlah
1
Tenaga Struktural
ð  Kepala sekolah
1 orang
2
Tenaga Fugsional
ð  Guru kelas
ð  Guru bidang studi
6 orang
   3 orang
3
Tenaga Teknis
ð  Staf Tata Usaha
ð  Laboran
ð  Pustakawan
ð  Penjaga sekolah
ð  Tukang kebun
ð  Supir
2 orang
1 orang
1 orang
1 orang
1 orang
2 orang
Total tenaga pendidik dan kependidikan
18 orang

Sistem Seleksi Tenaga Pendidik & Kependidikan
Sistem penyeleksian yang dilakukan di SDIT DARUL FITRAH terbagi menjadi 6 tahap diantaranya:
1.    Seleksi Administratif
v  Persyaratan pokok:
-       Usia maksimal 35 tahun
-       Pendidikan minimal S1
-       Pengalaman mengajar minimal 1 tahun
-       Berjiwa pendidik, islamic, bertanggung jawab serta disiplin
v  Mengisi formulir berupa data mengenai identitas pelamar, latar belakang keluarga, penglaman kerja, hobi dan prestasi yang dicapai
v  Menyerahkan surat lamaran kerja

2.    Seleksi Pengetahuan Umum
Tes tulis diujikan kepada calon tenaga kerja dan hasil tes berupa penilaian yang objektif

3.    Seleksi Kesehatan
Calon tenaga kerja SDIT DARUL FITRAH diharuskan memiliki jasmani yang sehat serta rohani yang bersih sehingga menjamin kualitas tenaga kerja yang produktif

4.    Seleksi Skill (Microteaching)
Pada tahap ini calon tenaga pendidik dilihat keterampilan dalam tatacara mengajarnya

5.    Seleksi Wawancara
Tahap akhir sebelum penerimaan tenaga pendidik dan kependidikan adalah negosiasi dalam hal fasilitas dan sarana, serta tunjangan-tunjangan lainnya yang diberikan oleh tenaga pendidik dan kependidikan di SDIT DARUL FITRAH

6.    Penerimaan tenaga kerja
Tenaga pendidik yang sudah diterima akan menjalani masa training selama satu bulan kemudian menandatangani kontrak kerja yang berisi kesepakatan peraturan selama masa kerja

Kelengkapan  Perabot  Sekolah
No
Ruang
Jenis Perabot
Banyak perabot
1
Ruang Kepala Sekolah
Meja
Kursi
Bangku Tamu
AC
1  buah
2  buah
1  set
1  unit
2
Ruang Guru
Meja
Kursi
Tempat Sampah
Jam Dinding
AC
6  buah
6  buan
1  buah
1  buah
1  unit
3
Ruang TU
Meja Administrasi
Kursi
Komputer
Printer
Lemari berkas
AC
2  buah
4  buah
2  unit
2  unit
1  buah
1  unit
4
Ruang Kelas
Meja siswa
Meja guru
Papan tulis
Alat kebersihan
Jam dinding
Lemari kelas
10 buah
1  buah
1  buah
5  buah
1  buah
1  buah
5
Ruang UKS
Tempat tidur
Timbangan
Alat ukur tinggi badan
Alat-alat kesehatan
1  unit
1  unit
1  unit

1  set
6
Lab IPA
Meja praktikum
Papan tulis
Alat praktikum
Jam dinding
Tempat sampah
4  buah
1  buah
4  set
1  buah
1  buah
7
Lab Komputer
Meja komputer
Kursi siswa
Komputer
Meja guru
Kursi guru
Layar proyeksi
LCD
10 unit
20 buah
10 unit
1  buah
1  buah
1  unit
1  unit
8
Ruang Konselling
Meja
Kursi
Lemari
1  buah
3  buah
1  buah
9
Perpustakan
Rak buku
Meja baca
Kursi
Meja petugas
Kursi petugas

3  buah
1  buah
5  buah
1  buah
1  buah
10
Masjid
Karpet sajadah
Lemari
Sound system
Mix
Keset
4  set
2  buah
2  unit
1  unit
2  buah
11
Toilet
Bak air
Gayung
Bingkai doa ketika masuk toliet
1  buah
1  buah
1  buah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar