reading book

reading book

Selasa, 25 November 2014

RPP Kelas IV Tema 3 Pembelajaran 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SDN KALI JAYA 07
Kelas / semester         : IV / 1
Tema / topik               : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Materi Pokok             : Pembelajaran 2 “Daur Hidup Nyamuk”
Alokasi waktu            : 2 x 30 menit

A.    Kompetensi Inti
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat

C.    Indikator
IPS
3.5.1 Memberikan ide-ide tindakan yang dapat dilakukan manusia yang berhubungan dengan daur hidup hewan dan tumbuhan

PPKn
4.2.1 Mempraktikkan perilaku yang menunjukkan kewajiban sebagai warga di lingkungan sekolah untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan

D.    Tujuan
1.      Siswa mampu membuat peta pikiran tentang nyamuk demam berdarah dengan benar.
2.      Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan cara menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan dengan benar.

E.     Ringkasan Materi
v  Ayo mencari tahu!

Betapa sedihnya hati Siti. Acara makan rujak di rumah Siti gagal terlaksana. Dua orang temannya tiba-tiba harus dirawat di rumah sakit karena terjangkit demam berdarah. Ia pun bertanya kepada ayahnya tentang penyakit ini.

Ayah Siti menunjukkan sebuah berita di koran tentang nyamuk demam berdarah. Ayo kita baca dengan saksama! Kamu dapat menggarisbawahi kata atau kalimat yang menurutmu penting.
Rounded Rectangle: Nyamuk DBD “Menyerang” Wilayah Pesisir Banten
Kamis, 21 Maret 2013
SERANG, BP - Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten, Danang Hamzah Nugroho mengatakan, akibat perubahan cuaca terus-menerus sepanjang tahun, nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD) mampu bertahan dan meluas di daerah pesisir.

Mengenai pemberantasan dan pencegahan nyamuk DBD, pihaknya meminta pemerintah daerah kabupaten/kota dan masyarakat untuk tetap berperilaku hidup sehat. “Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap membudayakan 3M, yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur,” ujarnya. Berdasarkan laporan dari kabupaten/kota pada tahun 2012, jumlah kasus yang ditangani sebanyak 3.362. Dibandingkan tahun sebelumnya, terjadi kenaikan dari 1.850 kasus pada 2011.
Rounded Rectangle: Yang dimaksud dengan 3M oleh Departemen Kesehatan adalah:
1. MENGURAS dan menyikat dinding tempat-tempat penampungan air, seperti bak mandi/WC, drum, dan lain-lain seminggu sekali.
2. MENUTUP rapat-rapat tempat penampungan air (gentong air/tempayan, dan lain-lain)
3. MENGUBUR atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan. 
Sumber: www.bantenposnews.com
 
































F.     Metode Pembelajaran
1.      Demonstrasi
2.      Drill & Tanya Jawab

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi Waktu
Awal
Ø  Mengucapkan salam pembuka
Ø  Menanyakan kabar hari ini dan mengabsen
Ø  Appersepsi tentang pelajaran  sebelumnya tentang daur hidup pohon mangga  dan nyamuk
Ø  Eksplorasi pemahaman siswa tentang jenis mangga dan nyamuk yang pernah dijumpai di sekitar siswa
Ø  Ice breaker (tepuk dan lagu)

10 Menit
Inti
Ø  Guru melanjutan sub tema pembelajaran 2 tentang “DAUR HIDUP NYAMUK”
Ø  Guru menjelaskan dampak negatif dari daur hidup nyamuk yang berlebihan
Ø  Guru menjelaskan cara menanggulangi dan mencegah dampak negatif wabah demam berdarah berdasarkan 3M
Ø  Selanjutnya guru memberikan lembar kerja siswa tantang kegiatan pencegahan penyakit demam berdarah
Ø  Siswa menuliskan jenis kegiatan yang biasa dilakukan di lembar kerja siswa
Ø  Guru memantau kondisi dan memberikan arahan selama pembelajaran berlangsung

35 Menit
Akhir
Ø  Guru merefleksikan pembelajaran dengan tepuk semangat dan yel-yel dari tiap kelompok
Ø  Selesai pembelajaran, guru dan siswa membaca hamdallah bersama-sama dan mengakhiri dengan salam
Ø  Membaca do’a sebelum pulang
15 Menit


H.    Sumber dan Media
Ø  Buku Tematik (Guru & Siswa) kelas IV
Ø  Lemar kerja siswa

I.       Penilaian
1.      Prosedur Penilaian
a.       Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir (terlampir)
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan


2.      Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses
Ø  Penilaian kerja
b.      Penilaian Hasil Belajar
Ø  Pengamatan (Terlampir)




Mengetahui,
Guru Pamong                                                                                    Guru Kelas IV


......................................                                                                      ....................................
NIP ..............................                                                                      NIM ...........................


Kepala Sekolah


.........................................
NIP .................................




*Lampiran

1. PENILAIAN NON TES (penilaian Proses)
Lembar Pengamatan Guru
Identitas Sekolah              : SDN KALI JAYA 07
Kelas / Semester               : IV / 1
Tema / Subtema               : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
No
Nama Siswa
Penilaian/skor
Predikat
Keaktifan
Sosial
Pengatahuan
Keterampilan
1.






2.






3.






4.






5.






6.




























2. PENILAIAN TES (penilaian produk)
Lembar kerja siswa

Tulislah kegiatan yang biasa kamu lakukan untuk mencegah wabah demam berdarah!
No
Kegiatan
Lokasi
(Rumah / Sekolah)
Waktu Pelaksanaan
(pagi, siang, malam)
1.
Menyapu halaman depan rumah

Rumah
Pagi dan siang
2.




3.




4.




5.




6.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar