Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN KALI JAYA 07
Mata
Pelajaran : Tematik
Kelas
/ Semester : IV / 1
Tema
/ sub tema : Keberagaman Makhluk
Hidup di Lingkunganku
Alokasi
waktu : 2 x 30 menit
a. Kompetensi Inti
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis,dan sistematis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
b. Kompetensi Dasar
4.2 Membuat
karya seni kolase dengan berbagai bahan
c. Indikator
4.2.1 Berkreasi membuat karya kolase
kupu-kupu dengan bahan bekas
d. Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan menggunakan bahan bekas, siswa
mampu berkreasi membuat karya seni kolase kupu-kupu berdasarkan langkah-langkah
yang diberikan dengan benar.
2.
Setelah membaca diagram dan membaca
teks, siswa mampu menggambarkan daur
hidup kupu-kupu menggunakan
kata-katanya sendiri dengan benar.
3. Ringkasan Materi
Ayo
Berkreasi!
Kolase
Buatlah sebuah karya kolase kupu-kupu!
Gambarlah
terlebih dahulu pola yang kamu inginkan
Bacalah terlebih dahulu langkah pembuatan
1.
Siapkan
bahan dari barang bekas, seperti koran, majalah, dan kertas. Media dan alat yang
dibutuhkan: kalender bekas/kertas gambar, pewarna, gunting pensil, dan lem.
2. Buat
gambar kupu-kupu yang kamu inginkan di kalender bekas/kertas gambar.
3. Rencanakan
penempelan bahan bekas pada gambar yang telah kamu buat. Bahan bekas diberi
pewarna terlebih dahulu.
4. Gunting
atau sobek bahan bekas menjadi ukuran kecil.
5. Oleskan
lem sedikit demi sedikit pada gambar yang akan ditempeli kertas.
6. Tempelkan
guntingan atau sobekan bahan bekas tadi pada kertas.
7. Lakukan
dengan rapi sesuai kreativitasmu.
e. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Observasi
/ workshop
f. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Awal
|
Ø Mengucapkan
salam pembuka
Ø Menanyakan
kesiapan belajar hari ini
Ø Ice
Breaker “Kalau kau senang hati”
Ø Melakukan
appersepsi dari pembelajaran sebelumnya
|
10 menit
|
Inti
|
Ø Guru
memberitahukan lanjutan subtema yang akan dipelajari
Ø Guru
menjelaskan pengertian kolase dan mengaitkan ke materi dengan pembelajaran
sebelumnya
Ø Membagi
siswa menjadi 5 kelompok
Ø Guru
mempersilahkan dari masing-masing perwakilan kelompok untuk maju dan
mengambil nomor yang diambil secara acak
Ø Guru
menjelaskan tentang langkah-langkah workshop kepada siswa
Ø Siswa
dipersilahkan untuk mulai bekerja sama dengan kelompoknya
Ø Selama
pembelajarang berlangsung, guru memantaudan memberikan arahan kepada tiap
kelompok
Ø Ice
breaker (lagu anak)
|
35 menit
|
Akhir
|
Ø Guru
memberikan reward bagi kelompok yang mengerjakan workshopnya dengan baik
berdasarkan kriteria yang dinilai
Ø Guru
mengkonfirmasi pemelajaran dan memberikan penguatan di akhir pembelajaran
Ø Terakhir
guru menanyakan kesan dari kegiatan yang telah dilalui oleh siswa
Ø Guru
dan siswa bersama-sama mengucapkan hamdalah
Ø Membaca
do’a dan menutup dengan salam
|
15
menit
|
g. Media Pembelajaran, Alat dan Sumber
belajar
1. Buku
Paket Tematik kelas IV
2. Bahan
dan alat workshop (Sketsa gambar, Kertas bekas, Styrofoam, Gunting, Lem, Crayon)
h. Penilaian Hasil Pembelajaran
v Penilaian
Proses
1. Lembar
Pengamatan Guru (terlampir)
v Penilaian
Proses
1. Lembar
kerja siswa (terlampir)
Mengetahui,
Guru
Pamong Guru
Kelas III
..................................... ....................................
NIP.............................. NIM.............................
Kepala sekolah
...................................
NIP ............................
*Lampiran
Penilaian
Non Tes (Proses)
Lembar Pengamatan Guru
No
|
Nama
Siswa
|
Penilaian/skor
|
|||
Sikap
|
Sosial
|
Pengatahuan
|
Keterampilan
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
Kelompok
1
Nama
anggota:
|
Kelompok
2
Nama
anggota:
|
Kelompok
4
Nama
anggota:
|
Kelompok
3
Nama
anggota:
|
Kelompok
3
Nama
anggota:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar